• Home
  • Viral

Seorang Gadis Tangkap Tuyul, Kampung Jadi Heboh

28 Jun 2024, 18:47 WIB | Indarto

Ilustrasi warung penjual kerupuk | Dok. Agromilenial

AGROMILENIAL.COM, Jakarta--- Alam ini penuh dengan misteri. Seperti hidup seseorang juga penuh misteri. Apalagi di zaman serba susah, sebagian orang meratapi nasibnya. Ada yang pasrah kepada Allah sambil berikhtiar, tapi ada yang mengambil jalan pintas mengejar dunia dengan cara tak lazim.

Baca Juga :

Barangkali pembaca pernah mendengar ada seorang pedagang yang menggunakan "penglaris" agar dagangannya laris. Ada juga yang memelihara makhluk gaib seperti tuyul untuk membantu mencari uang. Dan banyak lagi cara-cara gaib yang tak masuk akal.

Tentu saja, orang yang memelihara tuyul dan sejenisnya memiliki konsekuensi sendiri dalam hidupnya. Seperti harus membayar mahar sebagai pengorbanan atas pilihan hidupnya.

Sekilas memang aneh, ada orang pelihara tuyul untuk membantu mencari uang. Percaya atau tidak,  memang begitu cerita dari mulut ke mulut di masyarakat (khususnya Jawa) tentang keberadaan tuyul.

Berdasarkan cerita dari mulut ke mulut yang kurang jelas sumbernya. Percaya atau tak percaya di kisaran puluhan tahun silam sebelum pandemic covid 19 melanda. Di salah satu daerah yang masih di kawasan Jawa Tengah ada kabar yang menghebohkan. Konon pada saat itu ada seorang gadis menangkap tuyul. Ya...seorang gadis, bukan orang pintar atau dukun. Karena yang menangkap tuyul itu seoarang gadis, berita itu sempat viral di massanya.

Kabar tersebut terus menyebar dari mulut ke mulut, dari rumah ke rumah, dari kampung ke kampung hingga ke sejumlah daerah lain. Banyak orang yang penasaran ingin melihatnya. Banyak orang yang datang ke rumah si gadis tersebut ingin melihat penampakan tuyul dari dekat.

Meski dipertontonkan ke sebagian masyarakat yang penasaran, mereka tetap tak bisa melihat wujud asli makhluk yang suka mencuri uang tersebut. Yang mereka lihat hanyalah sangkar untuk mengurung makluk tersebut.

Tuyul yang digambarkan sebagai seorang anak kecil gundul itu memang tak sembarangan bisa dilihat orang. Makhluk itu kabarnya hanya bisa dilihat secara kasat mata oleh orang tertentu, seperti orang pintar.

Kabar yang beredar, tuyul yang ditangkap tersebut kemudian ditanya siapa pemiliknya. Menurut pengakuannya, pemiliknya adalah seorang bakul (penjual) kerupuk. Pengakuannya itu, membuat orang yang mendengarnya terkaget-kaget, karena selama ini sejumlah uang warga  yang tinggal sekitar penjual kerupuk  kerap kali hilang tak jelas rimbanya. Sebagian warga menuding tuyul yang tertangkap atau nyasar inilah yang mencuri uangnya.

Setelah si tuyul diperingatkan dan diancam agar tak mencuri uang masyarakat, kemudian dilepaskan. Oleh gadis itu, si tuyul sengaja tak disiksa. Konon kalau disiksa yang kesakitan adalah pemiliknya. Sehingga, makluk itu hanya dinasihati agar tak mencuri uang warga. Kemudian dilepaskan.

Pasca penangkapan tuyul, warga kampung  yang menyimpan uang di rumah sudah tak kehilangan uang lagi. Namun, tak begitu lama pasca tertangkapnya tuyul, terbersit kabar si penjual kerupuk itu tewas ditabrak bus di salah satu perempatan jalan besar. Bakul kerupuk itu meninggal  di tempat ketika sedang menjual dagangannya. Percaya atau tidak, begitulah cerita terkait tuyul dari mulut ke mulut atau mitos  beredar di masyarakat yang memang sulit dibuktikan secara akal sehat dan ilmiah. (to)