• Home
  • Life style

Waktu Minum Kopi yang Tepat dan Sehat

22 Jun 2024, 15:14 WIB | Indarto

Antri mau minum kopi | Dok. Agromilenial

AGROMILENIAL.COM, Jakarta --- Kopi adalah minuman yang berasal dari biji tanaman kopi yang telah disangrai dan digiling. Kopi memiliki sejarah panjang dan telah menjadi bagian integral dari berbagai budaya di seluruh dunia.

Baca Juga :

Kopi pertama kali ditemukan di Ethiopia dan kemudian menyebar ke dunia Arab. Pada abad ke-15, kopi mulai dibudidayakan dan diperdagangkan di semenanjung Arab. Kopi kemudian menyebar ke Eropa dan Amerika, menjadi salah satu komoditas perdagangan paling penting di dunia.

Berbagai metode penyeduhan kopi yang populer, yaitu Espresso: kopi pekat yang diseduh dengan tekanan tinggi. French Press: kopi yang diseduh dengan air panas dan dibiarkan meresap sebelum disaring. Drip Coffee: kopi yang diseduh dengan air panas yang menetes melalui bubuk kopi. Aeropress: metode penyeduhan yang menggunakan tekanan untuk mengekstrak rasa.

Kopi diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan energi, konsentrasi, dan kinerja fisik. Kopi juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel. Namun, konsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti kecemasan, insomnia, dan gangguan pencernaan.

Kopi bukan hanya minuman, tetapi juga bagian dari budaya dan kehidupan sosial. Kafe dan kedai kopi sering menjadi tempat berkumpul dan bersosialisasi. Tradisi minum kopi juga berbeda-beda di setiap negara, mencerminkan kekayaan budaya dan cara hidup yang unik.

Kopi adalah minuman yang memiliki daya tarik universal dan terus berkembang seiring waktu, dengan inovasi dalam metode penyeduhan dan penyajian.

Waktu terbaik untuk minum kopi bervariasi tergantung pada ritme sirkadian dan kebiasaan individu. Namun, beberapa panduan umum berdasarkan penelitian tentang ritme sirkadian waktu minum kopi yang tepat dan sehat adalah:

Pagi Hari (9:30 - 11:30). Setelah kadar kortisol (hormon stres yang membantu kita terjaga) mulai menurun dari puncaknya di pagi hari. Minum kopi pada jam ini dapat membantu meningkatkan kewaspadaan tanpa mengganggu siklus alami tubuh.

Tengah Hari (1:00 - 2:00). Setelah makan siang, ketika banyak orang mengalami penurunan energi alami, kopi bisa membantu meningkatkan fokus dan produktivitas.

Sore Hari (sekitar 3:00 - 5:00). Ini juga bisa menjadi waktu yang baik, terutama jika Anda merasa energi Anda menurun menjelang akhir hari kerja. 

Namun, penting untuk menghindari minum kopi terlalu dekat dengan waktu tidur karena kafein dapat mengganggu kualitas tidur. Idealnya, hindari kafein setidaknya 6 jam sebelum tidur. Jika Anda merasa sensitif terhadap kafein, mungkin perlu lebih dari itu.

Selain itu, kebutuhan dan toleransi kafein setiap orang berbeda, jadi penting untuk mendengarkan tubuh Anda dan menyesuaikan konsumsi kafein sesuai dengan kebutuhan dan respon tubuh Anda sendiri.(***)